Kanopi

KANOPI

Ketika anda ingin membuat kanopi, beberapa hal yang perlu di sesuaikan dengan interior rumah agar terlihat menarik. Misalnya dari sisi bahan, maka Anda bisa memilih dari yang berbahan genting, bahan sirap (kayu), vinil, polikarbonat, kain, plastik, dak beton, seng, ataupun fiber semen.

Jenis bahan kanopi yang beragam di pasaran memang disesuaikan dengan keinginan konsumen maupun arsiteknya sesuai kebutuhan. Kelebihan bahan yang terbuat dari besi ato metal umumnya dibedakan pada kekuatan dan daya tahan bahan material.

Jenis Kanopi
Bahan kuat seperti besi atau metal bisa bertahan lebih lama dibandingkan jenis bahan lain. stainless steel misalnya, lebih tahan karat, lebih elegan, dan tidak merepotkan dalam perawatan. Hal ini sebanding dengan harganya yang relatif lebih mahal dan diperlukan tenaga las yang profesional agar hasilnya tidak cacat. Sebab jika ada cacat, bahan ini tidak bisa ditutup dengan dempul ataupun penutup sejenis lainnya. Sedangkan untuk bahan besi, harga relative lebih murah.

Saat  finishing bahan besi harus dilapis zinchromate dan cat besi agar kanopi tidak terlalu cepat berkarat. Sebelum membuat kanopi, Anda perlu memperhatikan fungsi apa yang ingin Anda dapat. Misalnya ketika Anda ingin mengaplikasikan kanopi pada jendela atau pintu maka sesuaikan kanopi dengan ukuran jendela. Tentunya, ukuran kanopi lebih lebar dari jendela atau pintu.

Semakin lebar kanopi, jendela semakin terlindungi, Sedangkan untuk desain gambar kanopi harus sesuai dengan model bangunan rumah. Model rumah modern, biasanya berkanopi sederhana seperti dak beton tanpa hiasan.

Model Kanopi
Berbeda dengan model gaya klasik/mediterania yang umumnya memiliki lis profil untuk menambah keindahan. Sedangkan pada bagian atap bisa digunakan polikarbonat. Di pasaran, ada beberapa jenis kualitas dan tipe bergantung kebutuhan konsumen. Selain polikarbonat, ada juga pilihan bahan kanopi plastik fiber yang harganya relatif murah





0 Response to "Kanopi"

Post a Comment